Akad Jual Beli Tanah, Salah Satu Tanda Sahnya Transaksi

  • 6 months ago
  • 1

Jual beli apa pun hukumnya adalah boleh, selama tidak ada unsur penipuan atau hal lain yang menyebabkan kerugian, termasuk jual beli tanah. Salah satu yang menjadi syarat sahnya transaksi adalah akad jual beli tanah yang merupakan serah terima antara penjual dan pembeli.

Jual Beli Tanah yang Sah

1. Adanya Pelaku Jual Beli

Selain validitas surat tanah dan sistem transaksi, sahnya jual beli tanah juga ditentukan oleh pelaku jual beli. Pelaku di sini meliputi penjual dan pembeli yang keduanya sudah harus dalam kondisi mengerti dan paham apa itu jual beli tanah, sehingga dapat membuat perjanjian dengan sadar.

2. Objek Jual Beli

Dalam transaksi jual beli tanah, objek di sini adalah sebidang tanah sah milik penjual, bebas sengketa, dan bukan merupakan tanah wakaf. Selain itu, uang yang digunakan oleh pembeli harus alat tukar yang sah dan diakui oleh negara. Jika ada salah satu kriteria objek jual beli yang tidak jelas, maka jual beli tersebut tidak sah.

3. Akad Jual Beli

Keabsahan jual beli tanah juga ditentukan oleh akad yang merupakan proses serah terima yang sah. Serah terima ini dapat secara formal dan tertulis sesuai dengan ketentuan pemerintah atau akad secara hakiki yang menyebabkan objek akad berpindah kepemilikan.

Syarat sahnya jual beli tanah harus menjadi perhatian, baik oleh penjual, pembeli, saksi, maupun pejabat pemerintah yang ikut mengurusi. Untuk melakukan transaksi jual beli tanah yang sah dan terpercaya, anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh paradiseproperty.id.

Join The Discussion

Compare listings

Compare