Fungsi dan Contoh Akta Jual Beli Tanah dibawah Tangan

  • 6 months ago
  • 1

Salah satu metode yang masih sering digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli tanah adalah di bawah tangan. Menurut beberapa ahli hukum, jual beli ini memiliki kekuatan hukum yang lemah. Lalu, bagaimana contoh akta jual beli tanah dibawah tangan? Simak ulasan berikut.

Jual Beli Tanah di Bawah Tangan

1. Apa Maksud dari di Bawah Tangan?

Jual beli tanah di bawah tangan dilakukan dengan hanya melibatkan kepala desa dengan sistem tunai, nyata, dan terang. Tunai dan nyata di sini maksudnya adalah pihak pembeli telah membayarkan harga dari tanah tersebut kepada penjual. Dengan demikian, kepemilikan tanah telah beralih kepada pembeli.

Sedangkan, terang yang dimaksud di sini adalah dilakukan secara terang di depan kepala desa tanpa adanya pelanggaran hukum di dalam jual beli tanah tersebut dan masyarakat mengakui keabsahannya. Secara hukum, jual beli tanah ini memiliki kerawanan karena tidak memberikan kepastian hukum.

2. Contoh Akta Jual Beli

Meskipun demikian, masyarakat memilih cara ini karena biayanya yang murah dan prosesnya cepat. Akta jual beli tanah dibawah tangan biasanya akan memuat identitas dari penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua. Kemudian, disertakan luas tanah, harganya, dan ditandatangani oleh kepala desa dan RT setempat.

Jual beli tanah di bawah tangan memang memiliki kelemahan di mata hukum. Namun, selama syarat terang dan tunai sudah terpenuhi, maka transaksi tersebut tetap sah dan berharga. Bagi anda yang tertarik untuk jual beli tanah, bisa mengunjungi paradiseproperty.id untuk melakukan transaksi yang aman dan terpercaya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare