Jangan Remehkan! Pahami Betul Peraturan Jual Beli Tanah Berikut

  • 6 months ago
  • 1

Dalam melakukan jual beli tanah, sebaiknya anda tidak terburu-buru dalam memutuskan. Sebab, jual beli tanah lebih rumit prosesnya daripada jual beli lainnya. Selain itu, anda juga harus mengetahui apa saja peraturan jual beli tanah yang baik dan memiliki kekuatan hukum. Simak ulasan berikut.

Peraturan dalam Jual Beli Tanah

1. Tidak di Bawah Tangan

Jual beli tanah yang aman adalah tidak dilakukan di bawah tangan dan seluruh prosedur transaksinya harus dilakukan di depan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Hal ini dimaksudkan supaya jual beli tersebut kuat di mata hukum jika suatu saat terjadi persengketaan.

Akan tetapi, tidak semua daerah memiliki PPAT, sehingga diberlakukan aturan bahwa camat bisa menjadi PPAT sementara. Yang terpenting adalah jual beli tanah tersebut harus memiliki akta yang otentik, sehingga hak kepemilikan secara resmi telah jatuh ke tangan pembeli dan disahkan oleh hukum.

2. Berkas Harus Asli

Peraturan transaksi jual beli tanah selanjutnya adalah membawa berkas-berkas asli yang dapat dipertanggungjawabkan. Sertifikat tanah yang diperjualbelikan harus asli dan tidak sedang dalam penyitaan. Selain itu, pastikan juga bahwa PBB-nya sudah lunas dibayar. Nantinya, notaris akan membantu memeriksa keabsahan berkas tersebut.

Transaksi jual beli tanah memiliki proses yang lebih rumit daripada jual beli pada umumnya. Oleh sebab itu, anda harus perhatikan dengan baik apa saja peraturan untuk jual beli tanah. Untuk mendapatkan jaminan keamanan dalam transaksinya, anda bisa melakukan transaksi jual beli tanah di paradiseproperty.id.

Join The Discussion

Compare listings

Compare