Jual beli tanah menggunakan Notaris, berikut biaya yang harus disiapkan!

  • 6 months ago
  • 1

Notaris sering menjadi pihak yang berperan penting dalam menentukan kebenaran dari proses jaul beli tanah atau rumah. Jangan heran jika ada Anda harus mengeluarkan biaya notaris jual beli tanah maupun rumah yang biasa disebut dengan honorarium.

Sebenarnya, Apa Itu Biaya Notaris?

Biaya notaris merupakan biaya yang dikeluarkan oleh pihak yang membuat suatu perjanjian jual beli untuk jasa hukum yang diberikan kepada notaris. Sesuai dengan UU No. 30 Tahun 2004 pasal 36 ayat 1 yang menyebutkan bahwa notaris berhak menerima honorarium atas jasa hukum.

Kisaran biaya yang dikeluarkan yaitu pertama 2,5% honorarium diterima apabila objek mempunyai nilai Rp 100.000.000. Kemudian menerima 1,5% jika lebih dari Rp 100.000.000 namun tidak melebihi 1.000.000.000 dan tidak lebih dari 1% jika objek memiliki nilai di atas 1.000.000.000.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qb7erb480/ini-tantangan-pekerja-notaris-di-era-new-normal

Siapa yang Akan Menanggung Biaya Pembayaran Notaris?

Pembuatan Akta Jual Beli tanah merupakan kewenangan dari Pejabat Pembuat Akta Tanah. Namun, PPAT tidak menanggung biaya pembuatan termasuk biaya notaris untuk jual beli tanah. Pihak yang menanggung biaya tersebut adalah tergantung dari keputusan kesepakatan.

Dapat disimpulkan bahwa membuat dan menanggung biaya AJB di PPAT adalah keputusan pada kesepakatan tersebut. Bisa satu pihak maupun keduanya membagi. Paradise Property kini hadir untuk membantu Anda mengatasi proses jual beli tanah secara aman dan mudah.

Dengan adanya jasa Paradise Property, masalah mengenai biaya jual beli tanah dapat diatasi dengan mudah. Keamanan dan kelancaran dalam jual beli tanah memang harus diperhatikan, oleh karena itu pilihlah jasa hukum yang aman dan terpercaya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare