Mengenal Lebih Dekat Dengan Tugas Notaris Dalam Jual Beli Tanah

  • 6 months ago
  • 1

Dimanapun berada, proses jual beli tanah tidak bisa hanya dilakukan oleh penjual dan pembeli. Keberadaan notaris memiliki peran penting karena telah diatur dalam Undang Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris. Penasaran dengan tugas notaris dalam jual beli tanah? Simak ulasan berikut.
Tugas Dan Tanggung Jawab Notaris Dalam Proses Jual Beli Tanah

  1. Mengikat Proses Jual Beli Tanah
    Kehadiran notaris pada dasarnya dibutuhkan setelah perjanjian antara penjual dan pembeli disepakati. Notaris umumnya membuat keterikatan 2 belah pihak agar tidak ada masalah yang dapat terjadi ketika pembelian tanah. Terlebih lagi ada kecurangan yang dapat merugikan salah satu pihak.
    Dalam rangka melaksanakan tugasnya, notaris biasanya akan mengesahkan tanda tangan dan kepastian tanggal surat sebagai bentuk kesepakatan. Kemudian, notaris akan membuat salinan dari surat asli untuk pengesahan kecocokan fotocopy dengan surat asli sebagai bentuk legalisasi.
  2. Membuat Akta Otentik Tentang Perjanjian
    Setelah mengikat kesepakatan jual beli tanah anda pihak penjual dan pembeli, notaris akan memberikan penyuluhan hukum terkait pembuatan akta. Pasalnya, akta merupakan bagian dari bukti otentik secara sah dari hukum terkait. Pembuatan akta tanah secara otentik ini telah diatur dalam Undang Undang No.5 Tahun 1960 dan JO Pasal 19 PP No. 10 Tahun 1961.
    Itulah beberapa tugas notaris yang perlu anda ketahui. Meskipun tampak sepele, tugas tersebut nyatanya memiliki peran penting sebagai bukti yang sah akan penjualan maupun pembelian tanah. Tak hanya itu, jasa notaris juga dapat menghubungkan anda kepada pihak penjual tanah profesional seperti paradiseproperty.id.

Join The Discussion

Compare listings

Compare