Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Transaksi Serta Biaya Akta Jual Beli Tanah Girik

  • 6 months ago
  • 1

Berbeda dengan Sertifikat Hak Milik yang merupakan sertifikat atas kepemilikan penuh akan hal lahan atau tanah, namun tanah girik lebih dikenal dengan istilah petok yang hanya merupakan surat penguasaan atas lahan. Perhatikan hal berikut sebelum melakukan transaksi dengan biaya akta jual beli tanah girik.
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Transaksi Jual Beli Tanah Girik
1.Pastikan Properti Telah Dilengkapi Surat Girik Asli
Kerap kali ditemui kasus penipuan terjadi ketika orang membeli tanah girik bodong atau palsu. Alhasil mereka tidak bisa mengubah status dari tanah girik menjadi SHM setelah selesai melakukan pembayaran yang sesuai dengan jumlah uang yang sudah sesuai dengan harga tanah yang dibeli. 
Agar bisa menghindarinya, pastikan terlebih dahulu jika surat girik tersebut memang telah tercantum nama si penjual sebagai pemegang surat. Setelah itu, calon pembeli bisa datang langsung ke kantor pertanahan atau kelurahan setempat untuk cek keaslian dari surat girik tersebut. 

  1. Telusuri Riwayat Lahan
    Umumnya lahan girik ini diturunkan dari orang tua kepada anak ataupun keluarga terhadap saudaranya. Sebagai calon pemilik, tidak ada salahnya jika anda mencari informasi yang lebih dalam seputar keluarga ataupun orang yang pernah memiliki hak dari lahan tersebut. Selain itu, dapatkan juga informasi terkait luas tanah tersebut.
    Dengan memperhatikan beberapa tips berikut, diharapkan anda bisa lebih cermat sebelum melakukan transaksi jual beli tanah girik. Bila masih ragu dan khawatir mendapatkan tanah yang palsu, maka anda bisa menggunakan jasa layanan yang dapat membantu anda seperti paradiseproperty.id 

Join The Discussion

Compare listings

Compare