Prosedur dan Cara Jual Tanah ke Bank

  • 6 months ago
  • 1

Anda sedang menjual tanah? Bank bisa menjadi salah satu alternatif target sasaran pembeli anda. Cara ini dapat anda tempuh jika tanah yang anda promosikan tidak kunjung laku dalam waktu lama. Prosedurnya pun tidak rumit, sehingga akan sangat membantu anda untuk segera mendapatkan pembeli. Yuk simak cara jual tanah ke bank berikut ini.

Prosedur dan Cara Menjual Tanah ke Bank

1. Langkah yang Harus Dilakukan

Sebelum anda mengunjungi bank untuk menawarkan tanah anda, ada hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Bank di sini tidak bertindak sebagai pembeli, tapi berperan sebagai perantara untuk mencarikan pembeli. Bank memiliki layanan Kredit Pemilikan Tanah atau KPT yang diperuntukkan bagi pembeli tanah.

Tiap bank akan memberlakukan peraturan dan ketentuan yang berbeda. Namun, syarat-syarat yang perlu anda siapkan secara umum adalah fotokopi Kartu Keluarga, NPWP, fotokopi Surat Nikah, dan Sertifikat Hak Milik atas tanah yang akan dijual. Dengan menjual tanah ke bank, kedua belah pihak akan saling diuntungkan.

2. Keuntungan

Ketika anda menjual tanah ke bank, maka tanah anda berpotensi laku lebih cepat dan tentunya terjamin keamanannya. Selain itu, proses jual beli dari awal hingga akhir akan dibantu oleh pihak bank. Serah terima tanah juga akan dilakukan ketika kredit dari pembeli sudah lunas.

Menjual tanah memang memerlukan strategi khusus agar cepat laku. Dalam beberapa kondisi, anda membutuhkan pihak ketiga yang bisa membantu menjualkan. Salah satu properti yang terpercaya dalam hal ini adalah paradiseproperty.id yang bisa membantu anda untuk menjualkan tanah.

Join The Discussion

Compare listings

Compare