Sebelum Melakukan Jual Beli Tanah, Pahami Prosesnya Agar Tidak Rugi

  • 6 months ago
  • 1

Sebelum melakukan proses jual beli tanah, Anda harus memahami alur dan beberapa hal yang harus diketahui agar terhindar dari penipuan. Dengan begitu, pihak penjual maupun bembeli tidak merasa dirugikan. Untuk itu, simak proses sebelum melakukan jual beli tanah.

Memastikan Bahwa Tanah Memiliki Surat Asli dan Lengkap

Sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih serius, pastikan bahwa tanah yang akan Anda beli mempunyai surat asli dan kelengkapan lainnya. Legalitas tanah merupakan hal yang wajib ditanyakan saat akan membeli tanah maupun bangunan dengan aman.

eriksa surat secara teliti dan tidak tergesa-gesa. Jangan sampai tanah yang Anda beli bersertifikat bodong atau palsu. Untuk memastikan hal tersebut, Anda dan penjual harus mengecek keaslian surat tanah di Badan Pertahanan Nasional (BPN) setempat.

Pastikan Status Tanah yang Anda Beli

Terdapat tiga istilah yang digunakan untuk memeriksa status sebelum melakukan jual beli tanah yaitu free, clear dan clean. Artinya tanah tersebut harus bebas dari sengketa serta nama pemilik dari tanah sebelumnya harus sesuai dan tertera di sertifikat tanah tersebut.

Clear yaitu berarti ukuran serta batasan-batasan tanah tersebut tepat seperti yang sudah tercantum di sertifikat. Clean mempunyai maksud tanah tersebut tidak digunakan untuk kegiatan ekonomi atau sedang ditempati orang lain yang tidak berhak.

Untuk mengetahui proses secara lengkap dan terpercaya, Anda dapat meminta bantuan notaris. Salah satu jasa hukum seperti Paradise Property juga dapat membantu Anda dalam menjelaskan mengenai proses tersebut dengan jelas dan terpercaya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare