Tahapan Cara Jual Beli Tanah di Notaris yang Harus Anda Ketahui

  • 6 months ago
  • 1

Proses jual beli tanah perlu adanya notaris sebagai tenaga ahli. Karena, dalam proses jual beli tentu dibutuhkan berbagai dokumen penting untuk memperlancar transaksi. Sehingga Anda perlu mengetahui tahapan melakukan jual beli tanah di Notaris dengan benar.

Mengenal Fungsi Notaris

Notaris dalam proses jual beli tanah memiliki fungsi dan keweangan yang telah tercatat dalam Undang-Undang, yaitu membuat akta otentik mengenai perjanjian, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, memberi penyuluhan hukum dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat kewajiban notaris dalam menjalankan tugasnya yaitu bertindak jujur, amanah demi menjaga kepentingan pihak kerkait, membuat dan merahasiakan segala sesuatu mengenai akta yang dibuat dengan keterangan yang diperoleh.

Kewajiban lain dari seorang notaris yaitu menjalankan pembukuan akta hingga membacakannya dengan dihadiri minimal 2 orang yang menjadi saksi saat pembuatan wasiat dan urusan lain yang menyangkut tentang akta tersebut.

Apa yang Diberikan Kepada Notaris?

Setelah mengenal fungsi dan kewajiban notaris yang tentunya sangat membantu dalam urusan jual beli tanah maupun bangunan, tentu terdapat biaya yang harus dibayarkan. Biaya yang dibayarkan meliputi biaya cek sertifikat, PPh, Validasi Pajak, AJB dan masih banyak lagi.

Biaya cek sertifikat digunakan untuk mengetahui bahwa property yang Anda beli tidak berada pada kasus sengketa. Biaya PPh merupakan biaya untuk penandatanganan Akta Jual Beli. Validasi pajak dibayarkan apabila property mempunyai nilai di atas Rp 36 juta.

Dengan adanya jasa notaris Paradise Property tentu dapat membantu Anda dalam mengurus akta jual beli tanah maupun bangunan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa notaris demi terciptanya transaksi yang aman dan terpercaya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare